Temukan Ribuan Lowongan Kerja Terbaru di intipsloker

3 Soal Psikotes Tersulit yang Bisa Menyebabkan Anda Gagal Lolos Seleksi Kerj



Psikotes merupakan salah satu tes yang digunakan untuk proses perekrutan karyawan baru. Jika Anda baru akan mengikuti tes ini, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu seperti apa dan bagaimana cara menghadapi tes ini.

Mengapa? Karena tes psikotes bukanlah tes yang mudah bagi sebagian besar orang yang mengikutinya. Fakta di lapangan membuktikan bahwa lebih dari 50% peserta yang tereliminasi alias gugur dalam tes ini.

Padahal, psikotes merupakan pintu awal bagi Anda untuk bisa maju ke tahapan tes selanjutnya. Jika Anda selalu konsisten tidak lulus dalam mengerjakan tes ini, maka harapan Anda untuk mendapatkan pekerjaan pun akan punah.

Kecuali, Anda melamar pekerjaan yang tidak menggunakan tes ini dalam proses seleksinya.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir kegagalan Anda dalam tes psikotes, maka alangkah baiknya jika Anda mempelajari terlebih dahulu tes psikotes ini.

Disini saya tidak akan membahas apa dan bagaimana psikotes itu, karena saya telah menuliskannya panjang lebar di artikel 12 Contoh Soal Tes Psikotes dan Jawabannya.

Karena disini saya hanya akan memberikan opini saya tentang soal psikotes tersulit yang tentunya bisa menjadi acuan Anda untuk lebih serius mempelajari dan melatihnya sebelum waktu ujian psikotes Anda tiba.


Oke, tanpa berlama-lama lagi, silahkan simak 3 soal psikotes tersulit versi karyawanesia.com beriktu ini.

1. Tes Logika Matematika

Untuk Anda yang memang membenci pelajaran matematika semasa sekolah dahulu, saya ucapkan selamat! Selamat menikmati hidangan soal yang bisa membuat Anda pusing berujung mual tentunya. Hehe.

Percayalah, jika Anda membenci tipe-tipe soal seperti ini, maka saya juga… 🙂

Ini salah satu soal tersulit, karena Anda harus bermain logika dalam menjawabnya, salah dalam berlogika, maka salah pula jawaban Anda.

Saran saya dalam mengerjakan soal ini adalah Anda harus cerdik dalam memilih soal mana yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu, pilih yang termudah dan paling cepat dalam mengerjakannya.

Selain itu, jika ternyata Anda mentok dalam mengerjakan sebuah soal, jangan terpaku disana dan segera pindah ke soal yang lainnya. Ingat, waktu terus berjalan.

2. Tes Hafalan Kata

Jenis tes ini tidak selalu ada dalam setiap sesi psikotes, namun tes ini merupakan salah satu tes yang tersulit bagi saya.

Alasannya jelas, jika Anda lemah dalam hafalan, maka Anda akan kesulitan dalam tes ini. Apalagi jika Anda belum tahu soal apa yang akan keluar. Hehe, itulah fungsinya Anda mempelajari dan berlatih terlebih dahulu contoh soal psikotes yang akan keluar.

Sudah saya bocorkan semua soal hafalan kata ini berikut kunci jawabannya pada artikel yang sudah saya sebutkan link-nya di atas.

3. Tes Logika Penalaran [Deret Gambar]

Mengapa tes logika deret gambar ini masuk dalam kategori tes tersulit dalam psikotes? Saya tidak akan menjelaskannya secara detil disini, silahkan Anda rasakan sendiri ketika Anda mengerjakan tesnya nanti. Hehe.

Yang pasti, tes deret gambar ini sangatlah membingungkan dan menguras otak. Bagaimana tidak, gambar yang ditampilkan adalah gambar yang serupa tapi tak sama.

Jadi, Anda harus mengerjakannya dengan ekstra hati-hati dan teliti.

Namun, jangan terpaku hanya pada pengerjaan 1 soal saja. Sekali lagi ingat, psikotes memiliki batas waktu pengerjaan.

Saran saya dalam mengerjakan tes ini adalah jangan terlalu dipikirkan dalam menjawab sebuah soal. Yakinkan jawaban Anda, kemudian move on ke soal berikutnya, jangan diungkit-ungkit lagi.

Kecuali, Anda memiliki waktu ekstra untuk mengoreksinya kembali setelah mengerjakan semua soal yang telah diberikan.

Pertanyaan : Mengapa tes pauli tidak masuk dalam daftar 3 soal tersulit?

Karena menurut saya tes tersebut adalah tes yang sangat mudah. Jelas, karena tes pauli pada intinya hanyalah tes perhitungan sederhana. Hanya saja jumlah soalnya yang keterlaluan banyaknya. Hehe.

Demikianlah 3 soal psikotes tersulit versi karyawanesia.com yang harus Anda beri ‘perhatian’ lebih jika Anda ingin lolos tes psikotes dan lolos ke tahap seleksi kerja berikutnya.


Related : 3 Soal Psikotes Tersulit yang Bisa Menyebabkan Anda Gagal Lolos Seleksi Kerj

0 Komentar untuk " 3 Soal Psikotes Tersulit yang Bisa Menyebabkan Anda Gagal Lolos Seleksi Kerj"