Temukan Ribuan Lowongan Kerja Terbaru di intipsloker

Kirim CV Itu Gak Boleh Sembarangan, Lho! Ini 4 Waktu yang Tepat



Kirim CV alias curriculum vitae ternyata gak boleh sembarang waktu. Sebab, ini berpengaruh terhadap besar tidaknya peluang CV kamu bakal dibaca oleh HRD.

Gimana gak, ada banyak CV yang masuk ke e-mail HRD dalam sehari, bahkan bisa ratusan atau ribuan. Jadi, biar surat lamaran kerja kamu gak terlewatkan, coba deh buat mengirimkannya di waktu yang tepat
Nah, waktu-waktu kayak gimana yang memperbesar peluang CV-mu terbaca oleh HRD? Berikut ini ulasannya.

1. Hari itu juga saat lowongan dipublikasikan

Kalau kamu kirimkan CV saat hari itu juga pas lowongan baru aja dipublikasikan, peluang CV-mu dibaca bakal sangat tinggi.

Jumlah pelamar kerja yang mengirimkan surat lamaran mereka masih sedikit banget. Jadi, CV kamu hampir pasti bakal dibaca karena HRD pun masih getol-getolnya menunggu kiriman CV.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu udah siapkan CV semenarik mungkin sejak awal. Dengan gitu, kamu gak perlu buru-buru bikin CV saat mau dikirimkan. Kamu cukup mengubah kata-kata di bagian cover letter-nya aja deh!

2. Sehari hingga tiga hari setelah lowongan dipublikasikan

Sehari setelah lowongan kerja dipublikasikan pun masih jadi waktu terbaik mengirim CV. Bahkan, hingga dua atau tiga hari kemudian.

Di waktu-waktu tersebut, belum banyak pelamar kerja yang mengetahui iklan lowongan dari perusahaan terkait. Jadi kamu bisa manfaatin waktu ini buat kirim CV duluan.

3. Awal pekan atau akhir pekan

Berdasarkan riset Bright.com yang dilansir dari TheMuse, akhir pekan bisa jadi waktu terburuk buat kirim CV karena HRD lagi libur. Jadi, CV kamu bakal bertumpuk hingga hari Senin.

Sebaliknya, hari Senin atau hari Selasa justru jadi waktu terbaik karena HRD maupun staf udah mulai bekerja. Selain itu, cukup sedikit pelamar yang mengirimkan CV di awal pekan sehingga mempersempit saingan.
Meski demikian, di beberapa perusahaan, seperti perusahaan kreatif justru lebih fleksibel. Kamu bisa kirimkan CV pada saat akhir pekan karena justru HRD atau staf mereka punya waktu lowong di waktu tersebut.
4. Pagi hari atau setelah makan siang

Menurut analisis dari situs lowongan kerja TalentWorks, waktu terbaik untuk kirim CV adalah pagi hari sekitar jam 6 pagi hingga 9 pagi. Hal ini diamini pula oleh laporan dari situs Popsugar.

Selain di jam tersebut, e-mail yang masuk setelah makan siang pun dapat perhatian lebih. HRD atau staf biasanya menggunakan waktu tersebut buat mengecek e-mail.

Selain memperhatikan waktu, subjek dan cover letter atau surat pengantar yang menarik pada CV kamu gak boleh terlupakan.

Asal tahu aja, HRD biasanya cuma sediakan waktu semenit buat baca CV pelamar kerja yang masuk. Kalau subjek kamu gak sesuai permintaan dan kalimat di cover letter kamu gak menarik, siap-siap deh buat dilewatkan. Jangan sampai ya!

Sumber artikel : moneysmart.id

Related : Kirim CV Itu Gak Boleh Sembarangan, Lho! Ini 4 Waktu yang Tepat

0 Komentar untuk "Kirim CV Itu Gak Boleh Sembarangan, Lho! Ini 4 Waktu yang Tepat "